Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal Usul Kota Depok

Kota Depok | merupakan sebuah kota di provinsi jawa barat. Kata depok sendiri berarti pertapaan atau tempat bertapa. Namun banyak juga yang mengatakan  Depok singkatan dari De Eerste Prostestants Onderdaan Kerk yang berarti gereja kristen yang pertama.

Depok dahulu merupakan pemekaran dari Kabupaten bogor sejak 20 April 1999. Dan Kota Depok terdiri dari 11 kecamatan, yang kemudian terbagi menjadi 63 kelurahan dan memiliki luas 200,29 Km.

Walikota pertama kota depok adalah Drs. H. Badrul Kamal yang waktu itu menjabat sebagai walikota administratif depok yang dilantik pada tanggal 27 April 1999 yang kemudian di jadikan hari jadi kota depok.






Wilayah - Wilayah dalam Kota Depok

Wilayah - wilayah yang ada di dalam kota depok adalah sebagai berikut:

  1. Kecamatan Beji meliputi: Kelurahan Beji, Kelurahan Beji Timur, Kelurahan Kemiri Muka, Kelurahan Pondok Cina, Kelurahan Kukusan, dan Kelurahan Tanah Baru.
  2. Kecamatan Pancoran Mas meliputi: Kelurahan Pancoran Mas, Kelurahan Depok, Kelurahan Depok Jaya, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kelurahan Rangkap Jaya Baru, dan Kelurahan Mampang.
  3. Kecamatan Cipayung meliputi: Kelurahan Cipayung, Kelurahan Cipayung Jaya, Kelurahan Ratu Jaya, Kelurahan Bojong Pondok Terong, dan Kelurahan Pondok Jaya.
  4. Kecamatan Sukmajaya meliputi: Kelurahan Sukmajaya, Kelurahan Mekarjaya, Kelurahan Baktijaya, Kelurahan Abadijaya, Kelurahan Tirtajaya, dan Kelurahan Cisalak.
  5. Kecamatan Cilodong meliputi: Kelurahan Sukamaju, Kelurahan Cilodong, Kelurahan Kalibaru, Kelurahan Kalimulya, dan Kelurahan Jatimulya.
  6. Kecamatan Limo meliputi: Kelurahan Limo, Kelurahan Meruyung, Kelurahan Grogol, dan Kelurahan Krukut.
  7. Kecamatan Cinere meliputi: Kerurahan Cinere, Kelurahan Gandul, Kelurahan Pangkal Jati Lama, dan Kelurahan Pangkal Jati Baru.
  8. Kecamatan Cimanggis meliputi: Kelurahan Cisalak Pasar, Kelurahan Mekarsari, Kelurahan Tugu, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kelurahan Harjamukti, dan Kelurahan Curug.
  9. Kecamatan Tapos meliputi: Kelurahan Tapos, Kelurahan Leuwinanggung, Kelurahan Sukatani, Kelurahan Sukamaju Baru, Kelurahan Jatijajar, Kelurahan Cilangkap, dan Kelurahan Cimpaeun.
  10. Kecamatan Sawangan meliputi: Kelurahan Sawangan, Kelurahan Kedaung, Kelurahan Cinangka, Kelurahan Sawangan Baru, Kelurahan Bedahan, Kelurahan Pengasinan, dan Kelurahan Pasir Putih.
  11. Kecamatan Bojongsari meliputi: Kelurahan Bojongsari, Kelurahan Bojongsari Baru, Kelurahan Serua, Kelurahan Pondok Petir, Kelurahan Curug, Kelurahan Duren Mekar, dan Kelurahan Duren Seribu.

Walikota - Walikota Yang Pernah Menjabat

 berikut adalah nama - nama walikota yang pernah menjabat di Kota Depok, baik sebelum ditetapkan menjadi kotamadya (kota) maupun sudah ditetapkan menjadi kotamadya (kota) :
  1. Drs. Moch Rukasah Suradimaja, menjabat sejak tahun 1982 samai dengan tahun 1984
  2. Drs. H. M.I Tamdjid, menjabat sejak tahun 1984 sampai dengan tahun 1988,
  3. Drs. H. Abdul Wachyan, menjabat sejak 1988 sampai dengan 1991,
  4. Drs. H. Sofyan Safari Hamim, menjabat sejak tahun 1992 sampai dengan tahun 1996,
  5. Drs. H. Badrul Kamal, menjabat sejak tahun 1997 sampai dengan 2005
  6. Dr. Ir. H Nur Mahmudi Ismail, M.sc, menjabata sejak tahun 2005 sampai dengan sekarang (dilantik pada tanggal 26 januari 2006).

Julukan Kota Depok

Kota depok memiliki dua julukan, yaitu:
  1. Kota Belimbing, Belimbing yang terkenal dari kota depok adalah belimbing dewa dan kini telah menjadi buah unggulan kota depok,
  2. Kota Petir, Kota depok di juluki kota petir karena kota depok adalah satu - satunya kota di dunia yang terdapat petir yang paling berbahaya di dunia.

Posting Komentar untuk "Asal Usul Kota Depok"